Goo.gl URL Shortener

Oct 4, 2010

Alamat sebuah halamam Web mungkin terasa sangat panjang, apalagi saat akan menulis status dii Twitter yang hanya memiliki 140 karakter. 

Saat ini Google mengeluarkan produk baru pemendekan alamat Web dengan Goo.gl, yang tersedia  untuk publik/umum melalui alamat website di http://goo.gl.  Goo.gl awalnya merupakan cara eksklusif bagi Google untuk menyingkat alamat Web di dalam layanan seperti Google News (untuk menyimpan link artikel) atau Google Maps (untuk mengirimkan lokasi). Situs Goo.gl akan menyingkat link Anda dan menyimpannya untuk kemudian membaginya dengan orang lain. 

Google mengatakan mereka juga menggunakan ketentuan-ketentuan khusus untuk mencegah link yang mengarah ke situs malware atau berbahaya. 

TinyURL telah menyingkat alamat web selama hampir satu dekade, dan munculnya Twitter telah mendorong abbreviators lebih canggih, seperti bit.ly, yang memungkinkan orang untuk mengatur dan mencari dan menyimpan link mereka. Masing-masing situs media juga menciptakan singkatan sendiri seperti : http://nyti.ms untuk The New York Times, dan http://t.co untuk Twitter. 

Dalam catatan ReadWiteWeb, Google mempunyai keuntungan terbesar karena memiliki ukuran abbreviators lebih kecil dan hubungan antara puluhan layanannya. Itu mungkin cukup untuk membuatnya menjadi Shortener web dalam waktu singkat.

www.google.com