iMO 533

Aug 13, 2009

image Meski fitur TV tuner dan dual on sudah tak lagi 'in', namun diyakini masih menjadi daya tarik bagi pengguna ponsel. Mungkin dengan alasan itu, vendor asal Thailand, i-Mobile, membenamkan dua fitur tersebut ke dalam seri terbarunya, i-Mobile 533. Ponsel baru ini tampil ramping dan cukup ergonomis dalam genggaman.

Fitur lain yang melengkapi ponsel ini, dirasa standar saja, sama seperti ponsel-ponsel lainnya. Kameranya masih berkekuatan VGA, pemutar musik dengan effect suara khas ponsel-ponsel i-Mobile, juga radio FM lengkap dengan kemampuan merekam siaran radio. Terdapat pula fitur schedule power On/Off yang bisa mengatur kapan jadwal mati dan nyala ponsel.

Pihak vendor mengklaim layar pada ponsel ini berukuran 2,4 inci ( 5 x 3,7 cm ) dengan resolusi 240 x 320 pixels. Sayang, sebagai ponsel TV analog, layarnya yang bisa disetel dalam kondisi full screen atau portrait kurang memanjakan mata. Tampilan menu di layar tersusun dalam 12 menu ikonik dan ukuran font di masing-masing menu akan membesar setiap kali di klik.

Sebagai ponsel dual on, ponsel ini terdapat dua kartu GSM yang dapat aktif bersamaan atau memilih salah satunya saja. Umumnya ponsel dual-on memiliki dua tombol panggil, namun pada ponsel ini terdapat satu tombol panggil saja.

Masuk ke fitur musiknya, ternyata semua file musik harus disimpan di folder My Music pada File Manager. Tersedia juga beberapa pengaturan equalizer, seperti Standard, Pops, Classic, 3D, Bass, Flat dan Dynamic. Dengan headset, musik yang didengar bisa lebih maksimal. Slot headsetnya menguunakan ukuran universal 3,5 mm AV.

Ponsel ini memiliki kapasitas memori internal sebesar 494 kb. Jelas sangat terbatas. Namun jangan khawatir, pabrikan ini menyediakan slot memori eskternal untuk menampung kapasitas maksimal memori eksternal mencapai 1 GB.

Kinerja baterai dari pengisian full dan ponsel dibiarkan dalam keadaan siaga selama tiga hari masih menyisakan dua bar baterai. Kekuatan baterai yang dibekalinya adalah 1100 mAh, yang diklaim pihak vendor mampu bertahan hingga 250 jam waktu siaga, dan 3 jam waktu bicara.